Sabtu, 18 November 2017

SEJARAH SM ENTERTAINMENT



1989–2000: Pembentukan dan artis generasi pertama


Setelah lulus dari California State University, Northridge di Amerika Serikat, Lee Soo-man kembali ke Korea dan mendirikan 'SM Studio' di Apgujeong-dong, Gangnam, Seoul pada tahun 1989. Bisnis ini mengubah namanya menjadi S.M. Entertainment dan menyiapkan dana modalnya pada Februari 1995 dengan Jung Hae-ik sebagai CEO.Agensi ini mengembangkan sistem produksi 'in-house' dan menghasilkan serangkaian artis sukses termasuk grup penyanyi laki-laki H.O.T. pada tahun 1996, grup penyanyi perempuan S.E.S.pada tahun 1997, Shinhwa pada tahun 1998, dan duo R&B Fly to the Sky pada tahun 1999. Kim Kyung-wook menjadi CEO perusahaan ini pada tahun 1998.

2000–2005: Afiliasi dan artis generasi kedua

Awal 2000-an dijumpai dengan pembubaran H.O.T (pada tahun 2001) dan S.E.S (pada tahun 2002), serta kepergian Shinhwa ke agensi baru, dan pada tahun-tahun berikutnya, grup-grup baru seperti duo Isak N Jiyeon dan grup penyanyi laki-laki Black Beat gagal untuk mencapai popularitas artis-artis S.M. sebelumnya.[ Pada bulan Desember 2000, S.M. berafiliasi dengan Fandago Korea. Pada bulan Januari 2001, perusahaan ini mendirikan sebuah divisi di luar negeri, S.M. Entertainment Jepang.Sekitar waktu yang sama, perusahaan ini disetujui untuk dicatatkan pada KOSDAQ, dan afiliasi didirikan antara S.M. dan Avex Trax. Anak perusahaan BM Entertainment dan Cid. K Entertainment (yang menaungi grup penyanyi perempuan M.I.L.K dan Shinvi) juga terbentuk, namun kemudian menjadi tidak berfungsi dan dibubarkan.
April 2002 dijumpai dengan saham yang meningkat sebesar 1.341.180, dan pada bulan Juni, penambahan sebesar 61.048 sebagai hasil dari modal pihak ketiga. Pada akhir tahun 2002, S.M. dianugerahi Grand Prix Departemen Kebudayaan dan Pariwisata untuk Konten Kebudayaan untuk Export Award dalam musik.
Pada tahun 2003, S.M. berafiliasi dengan Starlight Corporation Ltd. dan C-Cube Entertainment Corporation. Pada tahun yang sama, perusahaan ini mendebutkan grup penyanyi laki-laki dengan lima anggota TVXQ. Tahun-tahun berikutnya dijumpai dengan debut artis-artis seperti TRAX (2004), The Grace (2005), dan Super Junior (2005).

2005–2010: Ekspansi dan artis internasional

Pada tahun 2005, Kim Young-min menjadi CEO ketiga perusahaan ini, di bawahnya beberapa artis didebutkan dengan tujuan untuk melakukan promosi di luar Korea Selatan. Artis-artis yang debut di bawah S.M. pada saat itu adalah penyanyi solo keturunan Tiongkok Zhang Liyin (2006), solois berbahasa Jepang J-Min (2007), Girls' Generation (2007), SHINee (2008), dan f(x) (2009). Pada bulan April 2008, sebuah sub-unit berbahasa Mandarin Super Junior dibentuk, yaitu Super Junior-M. Pada bulan Oktober 2008, S.M. mengumumkan rencana untuk mendebutkan BoA di Amerika Serikat di bawah anak perusahaan label SM Entertainment USA.
Pada bulan Mei 2008, SM Art Company dibentuk dengan Pyo In-bong sebagai co-CEO, bertujuan untuk menghasilkan karya musikal dan teater. Produksi pertama dari perusahaan ini adalah Xanadu, yang dibintangi anggota Super Junior Heechul dan Kangin.


2010–2012: Usaha bersama dan lebih lanjut[

Pada bulan Februari 2010, setelah dua dekade di dewan direksi, pendiri Lee Soo-man mengundurkan diri dari jabatannya untuk "fokus pada kekuatan bisnis SM di luar negeri, manajemen bisnis baru dan pengembangan artis".Pada bulan Maret, KMP Holdings didirikan sebagai perusahaan patungan antara S.M. Entertainment, YG Entertainment, JYP Entertainment, Star Empire, Medialine, CAN Entertainment dan Music Factory. rilis pertama perusahaan dari S.M. adalah Super Junior album kelima studio, Mr Simple, yang menandai akhir dari S.M. distribusi. Pada bulan Mei, S.M. mengumumkan tertinggi pertama laba operasional kuartal, di KR ₩ 10,4 miliar, naik 471% dari periode yang sama tahun sebelumnya. Pendapatan dilaporkan di KR ₩ 22,7 miliar, meningkat 58% pada tahun sebelumnya.
Pada bulan April 2011, S.M. Entertainment, YG Entertainment, JYP Entertainment, KeyEast, Ament, dan Star J Entertainment bergabung untuk membuat ‘United Asia Manajemen'. Pada bulan Agustus, S.M. bergabung dengan Thailand perusahaan media TrueVisions Group untuk menciptakan 'SM True'
Pada 2012, S.M. mendebutkan boy group EXO di dua unit untuk mempromosikan di kedua negara yaitu Korea dan China. Pada bulan Februari, S.M. diakuisisi perjalanan perusahaan Hawaii Happy Hawaii dan meluncurkan inisiatif bisnis baru yang mengkhususkan diri dalam perjalanan dan pariwisata, Travel SMTown, dengan Kang Jung-hyun sebagai CEO.Travel SMTown menawarkan paket konser untuk fans luar negeri menghadiri Super Junior Super Show 4 Tour konser di Seoul.Pada bulan Maret, 47 artis SM termasuk Kangta, BoA, TVXQ, CSJH The Grace, Super Junior, Zhang Li Yin, Girls' Generation, SHINee, f(x), Go Ara, Isak, dan Lee Yeon Hee menjadi pemegang saham SM Entertainment. Kangta, BoA, dan sebagian besar Super Junior dan anggota Girls' Generation menerima 680 saham masing-masing (dengan nilai sekitar US $ 27.200 untuk setiap orang), sementara SHINee dan f(x) menerima 340 saham masing-masing (nilai sekitar US $ 13.600 untuk setiap orang). Pada bulan Agustus, S.M. memegang S.M.ART EXHIBITION di COEX Convention & Exhibition Centre dan menandatangani kontrak dengan Visa dan KB Card untuk mulai mencetak S.M. kartu artis . comedi Kang Ho-dong dan Shin Dong-yup mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani kontrak eksklusif dengan S.M. ini, SM Culture & Contents (SM C & C), dipandang sebagai langkah oleh S.M. untuk memperluas ke televisi.Pada bulan September, SM C & C bergabung dengan AM Entertainment (yang mewakili aktor seperti Jang Dong-gun, Kim Ha-neul, dan Han Ji-min) dan dua comedi TV lainnya, Lee Su-geun dan Kim Byung-man, mengumumkan bahwa mereka telah juga menandatangani dengan SM.Pada bulan November, KMP Holdings diakuisisi oleh KT Music, dan Juni 2013, KT Music diserap jaringan distribusi KMP ini.

2013-sekarang: seniman generasi ketiga dan Internasional K-Pop akademi

Pada tahun 2013, SM C & C diperoleh Hoon Media (sebuah perusahaan produksi yang dipimpin oleh Lee Hoon-hee, yang bertanggung jawab untuk KBS serial 1 vs 100, Heroines 6, Qualifications of Men, dan Music Bank dan Woollim Entertainment, label rekaman yang bertanggung jawab untuk artis yaitu Infinite.
Pada bulan Januari 2014, tujuh lembaga bakat di belakang KMP Holdings membentuk kemitraan ikatan kolektif dan membeli 13,48% saham KT Music, meninggalkan KT Perusahaan dengan 49,99%. Pada bulan Februari, S.M. mengakuisisi saham di Baljunso, sebuah label rekaman yang didirikan pada tahun 1991 oleh Kang Byung-yong. Pada tanggal 1 Agustus, S.M. mendebutkan Girl Group Red Velvet, girl group sejak f(x) empat tahun sebelumnya.
Pada bulan Agustus 2015, S.M. bermitra dengan perusahaan olahraga IB Worldwide untuk membuat Galaxia SM, yang bertanggung jawab untuk pegolf Park In-bee, pesenam Son Yeon Jae, dan Choo Shin-soo, Fielder tepat untuk Rangers Texas. Pada tanggal 6 November, ulang tahun ke-10 debut Super Junior, S.M. mengumumkan pembentukan kelompok sendiri sub-label, Label SJ. S.M. Entertainment juga menyiapkan serangkaian toko yang menjual makanan bermerek dengan nama 'SUM Market' dan membuka restoran SMT Seoul.
Pada Tahun 2016, S.M. Entertainment menandatangani aliansi dan ekuitas perjanjian investasi strategis dengan ESteem Model, agen model domestik terkemuka di Korea.ESteem adalah top perusahaan model hiburan Korea komprehensif yang beroperasi bisnis fashion, model manajemen dan model akademi profesional. Ia mengatur model dalam dan luar negeri dan desainer, memupuk model baru, dan mengoperasikan MIXOP toko editorial busana Dan lebih dari 160 model seperti Jang Yoon Joo, Song Kyung Ah, Han Hye Jin, Ahn Jae Hyun, Jung Hoyeon, Lee Cheolwoo, Soo Joo dan Lee Hyun Lee.
Melalui aliansi strategis ini, kedua perusahaan akan agresif mengejar bisnis melalui kombinasi isi dan jaringan mereka sendiri. Kim Young-min, perwakilan dari SM, mengatakan, "Setelah aliansi dengan Galaxia SM, SM telah membentuk lineup konten yang meliputi hiburan, olahraga, dan model / sektor fashion. Di masa depan, SM akan menciptakan sinergi bisnis di konten dan fashion bisnis, "Kami juga akan menciptakan sinergi dengan SM C & C, aktor, dan departemen manajemen MC," katanya.
Kim Sook-yun, presiden ESteem, mengatakan, "Pertemuan dengan ESteem, yang mengkhususkan diri dalam bisnis fashion seperti model dan desainer, dan SM dapat memimpin pasar global dengan hiburan terbesar di Korea, akan menciptakan berpengaruh baik di Korea dan luar negeri
Pada bulan Januari 2016, Lee Soo-man mengadakan konferensi di SM Coex Artium, berbicara tentang rencana untuk kelompok group baru , NCT ( "Neo Culture Technology"), dengan "anggota unlimited".Unit pertama dari kelompok ini, NCT U, merilis single pertamanya pada bulan April 2016. Pada tanggal 5 Mei, S.M. merilis single pertama di bawah label EDM baru didirikan mereka ScreaM Records, "Wave", menampilkan f(x) anggota Amber dan Luna dan diproduksi oleh Xavi & Gi dan E-mart Electro Mart. ScreaM Records adalah bagian dari S.M. New Culture Technology 2016 proyek, di mana perusahaan juga telah memulai saluran musik digital SM Station dan sejumlah aplikasi mobile. Pada akhir 2016, S.M. mulai mengorganisir League of Legends turnamen yang disebut "2016 S.M. super Celeb League", di mana Heechul dan Baekhyun berpartisipasi dalam pertandingan dengan kedua pemain profesional dan penggemar dari Korea Selatan dan China.
Pada tahun 2016 S.M Entertainment lebarkan sayap dengan bisnis apartemen super mewah Hill State Artium. baru ini diketahui SM akan segera membuka apartemen baru milik mereka bernama "Hill State Artium City" yang terletak di kota Changwon, dan merupakan hasil kerjasama antara SMTOWN dan perusahaan properti Hill State. apartemen ini akan memikiki 1,186 unit kamar dengan lebar per kamar 84 meter persegi. juga dilengkapi dengan akses tercepat ke jalanan sekaligus didalam apartemen SM Atium, dan juga SM akan membangun sebuah gedung spesial untuk fans di Changwon, dinamakan "SM Town Culture Complex", gedung ini nantinya akan dibangun 2 kali lebih besar daripada SM Town Coex.
"SM Town Culture Complex" siap dibangun setinggai 13 lantai, sebanyak 4 lantai basement dan 9 lantai lainnya berisi tempat-tempat keren untuk fans. Menurut laporan, basement di lantai 1 akan berisi toko retail, lalu di lantai lainnya juga akan dibangun studio Hallyu, hingga toko yang menjual merchandise artis. Teater hologram akan dibangun di lantai 4-5. Lalu di lantai 6-7 akan berisi fasilitas konvensi, sedangkan di lantai 8-9 merupakan hotel dengan 25 kamar. Gedung tersebut baru akan selesai pada 2020 mendatang

Pada tanggal 16 Februari, 2017, S.M Entertainment telah mengumumkan rencananya untuk membuka sebuah sekolah tinggi yang dinamakan “K-Pop International School” di Seoul pada bulan September tahun ini.
Sekolah yang akan didirikan SM nantinya berfungsi sebagai wadah para siswa yang berbakat sekaligus bersiap menjadi trainee. Kelasnya pun akan terasa spesial karena jurusannya berbeda dengan sekolah pada umumnya. S.M Entertainment mengatakan akan menerima 50-100 siswa di tahun pertama. Sekitar 30 persen berasal dari Korea sementara 70 persen diharapkan berasal dari siswa luar Korea. Ujian masuk ke sekolah ini disetarakan dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat.
Sekolah ini nantinya tidak hanya mengajarkan mata pelajaran umum, Para pelajar juga akan mendapatkan pengetahuan seni seperti balet, tari dan musik. Ilmu yang akan didapatkan tentu akan membantu mereka menjadi selebritis ternama di masa depan
Channel YouTube SM Entertainment, SMTOWN, memiliki 10 juta pelanggan. Channel Youtube SMTOWN adalah pelanggan terbanyak untuk label musik dari seluruh Asia
Pada bulan Maret 2017 S.M Entertainment dikonfirmasi telah mengakuisisi 28% saham dari Mystic Entertainment dalam hal SM berencana untuk berinvestasi dan bekerja dengan Mystic untuk memperluas bisnis musik mereka, serta membantu Mystic untuk dapat tumbuh menjadi sebuah label musik global dengan membagikan akses ke jaringan, sistem, dan talenta bisnis di seluruh dunia, dan SM dan Mystic juga akan bekerja bersama untuk menciptakan musik baru dan juga konten untuk beragam platform, termasuk mobile dan media.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FAKTA LEE SO MAN ( PENDIRI SM. ENT )

1. Lee Soo Man Lahir di Seoul, 18 Juni 1952 2. Memulai karir sebagai penyanyi di rumah kopi pada tahun 1971. 3. Pada tahun 1972 beli...