1989–2000: Pembentukan dan artis generasi pertama
Setelah
lulus dari California
State University, Northridge di Amerika Serikat, Lee Soo-man
kembali ke Korea dan mendirikan 'SM Studio' di Apgujeong-dong, Gangnam, Seoul pada
tahun 1989. Bisnis ini mengubah namanya menjadi S.M. Entertainment dan
menyiapkan dana modalnya pada Februari 1995 dengan Jung Hae-ik
sebagai CEO.Agensi ini mengembangkan sistem
produksi 'in-house' dan menghasilkan serangkaian artis sukses termasuk grup
penyanyi laki-laki H.O.T. pada tahun
1996, grup penyanyi perempuan S.E.S.pada tahun 1997, Shinhwa pada tahun 1998, dan duo
R&B Fly to the Sky pada
tahun 1999. Kim Kyung-wook menjadi CEO perusahaan ini pada tahun 1998.
2000–2005: Afiliasi dan artis generasi kedua
Awal
2000-an dijumpai dengan pembubaran H.O.T (pada tahun 2001) dan S.E.S (pada
tahun 2002), serta kepergian Shinhwa ke agensi baru, dan pada tahun-tahun
berikutnya, grup-grup baru seperti duo Isak N Jiyeon dan grup penyanyi
laki-laki Black Beat gagal
untuk mencapai popularitas artis-artis S.M. sebelumnya.[ Pada bulan Desember 2000, S.M.
berafiliasi dengan Fandago Korea. Pada bulan Januari 2001, perusahaan ini
mendirikan sebuah divisi di luar negeri, S.M. Entertainment Jepang.Sekitar waktu yang sama, perusahaan ini
disetujui untuk dicatatkan pada KOSDAQ,
dan afiliasi didirikan antara S.M. dan Avex Trax. Anak perusahaan BM Entertainment
dan Cid. K Entertainment (yang menaungi grup penyanyi perempuan M.I.L.K dan Shinvi) juga terbentuk, namun kemudian menjadi
tidak berfungsi dan dibubarkan.
April
2002 dijumpai dengan saham yang meningkat sebesar 1.341.180, dan pada bulan
Juni, penambahan sebesar 61.048 sebagai hasil dari modal pihak ketiga. Pada akhir tahun 2002, S.M.
dianugerahi Grand Prix Departemen Kebudayaan dan Pariwisata untuk Konten
Kebudayaan untuk Export Award dalam musik.
Pada
tahun 2003, S.M. berafiliasi dengan Starlight Corporation Ltd. dan C-Cube
Entertainment Corporation. Pada tahun yang sama, perusahaan ini mendebutkan
grup penyanyi laki-laki dengan lima anggota TVXQ.
Tahun-tahun berikutnya dijumpai dengan debut artis-artis seperti TRAX (2004), The Grace (2005),
dan Super Junior (2005).
2005–2010: Ekspansi dan artis internasional
Pada
tahun 2005, Kim Young-min menjadi CEO ketiga perusahaan ini, di bawahnya beberapa artis
didebutkan dengan tujuan untuk melakukan promosi di luar Korea Selatan.
Artis-artis yang debut di bawah S.M. pada saat itu adalah penyanyi solo keturunan
Tiongkok Zhang Liyin (2006),
solois berbahasa Jepang J-Min (2007), Girls' Generation (2007), SHINee (2008), dan f(x) (2009). Pada bulan April 2008,
sebuah sub-unit berbahasa Mandarin Super
Junior dibentuk, yaitu Super Junior-M. Pada bulan Oktober 2008, S.M.
mengumumkan rencana untuk mendebutkan BoA di Amerika Serikat di bawah anak
perusahaan label SM Entertainment USA.
Pada
bulan Mei 2008, SM Art Company dibentuk dengan Pyo In-bong sebagai co-CEO,
bertujuan untuk menghasilkan karya musikal dan teater. Produksi pertama dari
perusahaan ini adalah Xanadu,
yang dibintangi anggota Super Junior Heechul dan Kangin.
2010–2012: Usaha bersama dan lebih lanjut[
Pada
bulan Februari 2010, setelah dua dekade di dewan direksi, pendiri Lee Soo-man
mengundurkan diri dari jabatannya untuk "fokus pada kekuatan bisnis SM di
luar negeri, manajemen bisnis baru dan pengembangan artis".Pada bulan Maret, KMP Holdings
didirikan sebagai perusahaan patungan antara S.M. Entertainment, YG
Entertainment, JYP Entertainment, Star Empire, Medialine, CAN Entertainment dan
Music Factory. rilis pertama perusahaan dari
S.M. adalah Super Junior album kelima studio, Mr Simple, yang menandai akhir
dari S.M. distribusi. Pada bulan Mei, S.M. mengumumkan tertinggi pertama laba
operasional kuartal, di KR ₩ 10,4 miliar, naik 471% dari periode yang sama
tahun sebelumnya. Pendapatan dilaporkan di KR ₩ 22,7 miliar, meningkat 58% pada
tahun sebelumnya.
Pada
bulan April 2011, S.M. Entertainment, YG Entertainment, JYP Entertainment,
KeyEast, Ament, dan Star J Entertainment bergabung untuk membuat ‘United Asia
Manajemen'. Pada bulan Agustus, S.M. bergabung dengan Thailand perusahaan media
TrueVisions Group untuk menciptakan 'SM True'
Pada
2012, S.M. mendebutkan boy group EXO di dua unit untuk mempromosikan di kedua
negara yaitu Korea dan China. Pada bulan Februari, S.M.
diakuisisi perjalanan perusahaan Hawaii Happy Hawaii dan meluncurkan inisiatif
bisnis baru yang mengkhususkan diri dalam perjalanan dan pariwisata, Travel
SMTown, dengan Kang Jung-hyun sebagai CEO.Travel SMTown menawarkan paket
konser untuk fans luar negeri menghadiri Super Junior Super Show 4 Tour konser
di Seoul.Pada bulan Maret, 47 artis SM
termasuk Kangta, BoA, TVXQ, CSJH The Grace, Super Junior, Zhang Li Yin, Girls'
Generation, SHINee, f(x), Go Ara, Isak, dan Lee Yeon Hee menjadi pemegang saham
SM Entertainment. Kangta, BoA, dan sebagian besar Super Junior dan anggota
Girls' Generation menerima 680 saham masing-masing (dengan nilai sekitar US $
27.200 untuk setiap orang), sementara SHINee dan f(x) menerima 340 saham
masing-masing (nilai sekitar US $ 13.600 untuk setiap orang). Pada bulan Agustus, S.M.
memegang S.M.ART EXHIBITION di COEX Convention & Exhibition Centre dan menandatangani kontrak
dengan Visa dan KB Card untuk mulai mencetak S.M. kartu artis . comedi Kang
Ho-dong dan Shin Dong-yup mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani kontrak
eksklusif dengan S.M. ini, SM Culture & Contents (SM C & C), dipandang
sebagai langkah oleh S.M. untuk memperluas ke televisi.Pada bulan September, SM C
& C bergabung dengan AM Entertainment (yang mewakili aktor seperti Jang
Dong-gun, Kim Ha-neul, dan Han Ji-min) dan dua comedi TV lainnya, Lee Su-geun
dan Kim Byung-man, mengumumkan bahwa mereka telah juga menandatangani dengan SM.Pada bulan November, KMP
Holdings diakuisisi oleh KT Music, dan Juni 2013, KT Music diserap jaringan
distribusi KMP ini.
2013-sekarang: seniman generasi ketiga dan Internasional K-Pop akademi
Pada
tahun 2013, SM C & C diperoleh Hoon Media (sebuah perusahaan produksi yang
dipimpin oleh Lee Hoon-hee, yang bertanggung jawab untuk KBS serial 1 vs 100,
Heroines 6, Qualifications of Men, dan Music Bank dan Woollim
Entertainment, label rekaman yang bertanggung jawab untuk artis yaitu Infinite.
Pada
bulan Januari 2014, tujuh lembaga bakat di belakang KMP Holdings membentuk
kemitraan ikatan kolektif dan membeli 13,48% saham KT Music, meninggalkan KT
Perusahaan dengan 49,99%. Pada bulan Februari, S.M. mengakuisisi saham di
Baljunso, sebuah label rekaman yang didirikan pada tahun 1991 oleh Kang
Byung-yong. Pada tanggal 1 Agustus, S.M. mendebutkan Girl Group Red Velvet,
girl group sejak f(x) empat tahun sebelumnya.
Pada
bulan Agustus 2015, S.M. bermitra dengan perusahaan olahraga IB Worldwide untuk
membuat Galaxia SM, yang bertanggung jawab untuk pegolf Park In-bee, pesenam
Son Yeon Jae, dan Choo Shin-soo, Fielder tepat untuk Rangers Texas. Pada
tanggal 6 November, ulang tahun ke-10 debut Super Junior, S.M. mengumumkan
pembentukan kelompok sendiri sub-label, Label SJ. S.M. Entertainment juga
menyiapkan serangkaian toko yang menjual makanan bermerek dengan nama 'SUM
Market' dan membuka restoran SMT Seoul.
Pada
Tahun 2016, S.M. Entertainment menandatangani aliansi dan ekuitas perjanjian
investasi strategis dengan ESteem Model, agen model domestik terkemuka di
Korea.ESteem adalah top perusahaan model hiburan Korea komprehensif yang
beroperasi bisnis fashion, model manajemen dan model akademi profesional. Ia
mengatur model dalam dan luar negeri dan desainer, memupuk model baru, dan
mengoperasikan MIXOP toko editorial busana Dan lebih dari 160 model seperti
Jang Yoon Joo, Song Kyung Ah, Han Hye Jin, Ahn Jae Hyun, Jung Hoyeon, Lee
Cheolwoo, Soo Joo dan Lee Hyun Lee.
Melalui
aliansi strategis ini, kedua perusahaan akan agresif mengejar bisnis melalui
kombinasi isi dan jaringan mereka sendiri. Kim Young-min, perwakilan dari SM,
mengatakan, "Setelah aliansi dengan Galaxia SM, SM telah membentuk lineup
konten yang meliputi hiburan, olahraga, dan model / sektor fashion. Di masa
depan, SM akan menciptakan sinergi bisnis di konten dan fashion bisnis,
"Kami juga akan menciptakan sinergi dengan SM C & C, aktor, dan
departemen manajemen MC," katanya.
Kim
Sook-yun, presiden ESteem, mengatakan, "Pertemuan dengan ESteem, yang
mengkhususkan diri dalam bisnis fashion seperti model dan desainer, dan SM
dapat memimpin pasar global dengan hiburan terbesar di Korea, akan menciptakan
berpengaruh baik di Korea dan luar negeri
Pada
bulan Januari 2016, Lee Soo-man mengadakan konferensi di SM Coex Artium,
berbicara tentang rencana untuk kelompok group baru , NCT ( "Neo Culture
Technology"), dengan "anggota unlimited".Unit pertama dari
kelompok ini, NCT U, merilis single pertamanya pada bulan April 2016. Pada
tanggal 5 Mei, S.M. merilis single pertama di bawah label EDM baru didirikan
mereka ScreaM Records, "Wave", menampilkan f(x) anggota Amber dan
Luna dan diproduksi oleh Xavi & Gi dan E-mart Electro Mart. ScreaM
Records adalah bagian dari S.M. New Culture Technology 2016 proyek, di mana
perusahaan juga telah memulai saluran musik digital SM Station dan sejumlah
aplikasi mobile. Pada akhir 2016, S.M. mulai mengorganisir League of Legends
turnamen yang disebut "2016 S.M. super Celeb League", di mana Heechul
dan Baekhyun berpartisipasi dalam pertandingan dengan kedua pemain profesional
dan penggemar dari Korea Selatan dan China.
Pada
tahun 2016 S.M Entertainment lebarkan sayap dengan bisnis apartemen super mewah
Hill State Artium. baru ini diketahui SM akan segera membuka apartemen baru
milik mereka bernama "Hill State Artium City" yang terletak di kota
Changwon, dan merupakan hasil kerjasama antara SMTOWN dan perusahaan properti
Hill State. apartemen ini akan memikiki 1,186 unit kamar dengan lebar per kamar
84 meter persegi. juga dilengkapi dengan akses tercepat ke jalanan sekaligus
didalam apartemen SM Atium,
dan juga SM akan membangun sebuah gedung spesial untuk fans di Changwon,
dinamakan "SM Town Culture Complex", gedung ini nantinya akan
dibangun 2 kali lebih besar daripada SM Town Coex.
"SM
Town Culture Complex" siap dibangun setinggai 13 lantai, sebanyak 4 lantai
basement dan 9 lantai lainnya berisi tempat-tempat keren untuk fans. Menurut
laporan, basement di lantai 1 akan berisi toko retail, lalu di lantai lainnya
juga akan dibangun studio Hallyu, hingga toko yang menjual merchandise artis.
Teater hologram akan dibangun di lantai 4-5. Lalu di lantai 6-7 akan berisi
fasilitas konvensi, sedangkan di lantai 8-9 merupakan hotel dengan 25 kamar.
Gedung tersebut baru akan selesai pada 2020 mendatang
Pada
tanggal 16 Februari, 2017, S.M Entertainment telah mengumumkan rencananya untuk
membuka sebuah sekolah tinggi yang dinamakan “K-Pop International School” di
Seoul pada bulan September tahun ini.
Sekolah
yang akan didirikan SM nantinya berfungsi sebagai wadah para siswa yang
berbakat sekaligus bersiap menjadi trainee. Kelasnya pun akan terasa spesial
karena jurusannya berbeda dengan sekolah pada umumnya. S.M Entertainment
mengatakan akan menerima 50-100 siswa di tahun pertama. Sekitar 30 persen
berasal dari Korea sementara 70 persen diharapkan berasal dari siswa luar
Korea. Ujian masuk ke sekolah ini disetarakan dengan Korea Selatan dan Amerika
Serikat.
Sekolah
ini nantinya tidak hanya mengajarkan mata pelajaran umum, Para pelajar juga
akan mendapatkan pengetahuan seni seperti balet, tari dan musik. Ilmu yang akan
didapatkan tentu akan membantu mereka menjadi selebritis ternama di masa depan
Channel
YouTube SM Entertainment, SMTOWN, memiliki 10 juta pelanggan. Channel Youtube
SMTOWN adalah pelanggan terbanyak untuk label musik dari seluruh Asia
Pada
bulan Maret 2017 S.M Entertainment dikonfirmasi telah mengakuisisi 28%
saham dari Mystic Entertainment dalam hal SM berencana untuk
berinvestasi dan bekerja dengan Mystic untuk memperluas bisnis musik mereka,
serta membantu Mystic untuk dapat tumbuh menjadi sebuah label musik global
dengan membagikan akses ke jaringan, sistem, dan talenta bisnis di seluruh
dunia, dan SM dan Mystic juga akan bekerja bersama untuk menciptakan musik baru
dan juga konten untuk beragam platform, termasuk mobile dan media.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar